PERBEDAAN CV DAN RESUME, DAN BAGAIMANA MERUBAH CV MENJADI RESUME

Curriculum Vitae (CV) atau lebih dikenal dengan Daftar Riwayat Hidup adalah penjabaran dari riwayat hidup seseorang yang menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan informasi pribadi dan informasi lainnya seperti: jenjang pendidikan, pengalaman kerja, hobi dan prestasi. Resume adalah penjabaran informasi diri yang disajikan dengan lebih ringkas dan biasanya menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan keprofessionalan seseorang. Dalam resume sebaiknya tidak dicantumkan data-data pribadi, tetapi hanya data-data yang berhubungan dengan karir dari orang yang bersangkutan, seperti: jenjang pendidikan, pengalaman kerja, uraian tugas, prestasi dan informasi lainnya yang dapat menunjang informasi utama. Penggunaan kata CV adalah berasal dari British English, sedangkan penggunaan kata resume adalah berasal dari American English.Hal-hal penting perlu diperhatikan dalam membuat resume:

1. Hindari penjelasan tentang informasi diri

 CV pada umumnya berisi informasi pribadi seorang kandidat (pencari kerja), seperti: umur, agama, status perkawinan dan sebagainya. Informasi seperti diatas memang diperlukan dalam urusan kepegawaian, namun bukan sekarang saatnya dan bukan pada saat screening awal.

Informasi yang sebaiknya anda letakkan di bagian atas sebuah resume adalah informasi mengenai: nama, – alamat lengkap – nomor telephone – dan alamat email Anda untuk mempermudah perusahaan agar dapat menghubungi Anda jika mereka tertarik dengan kualifikasi Anda yang dituangkan di dalam resume.

 2. Ketahui kebutuhan dari panjang sebuah resume

CV biasanya agak panjang, menjelaskan tentang pengalaman kerja yang telah lalu dengan sangat terperinci. Kecuali Anda melamar sebagai dosen/guru atau sebagai peneliti (yang memiliki keunikan resume tersendiri), resume sebaiknya jangan ditulis terlalu panjang, karena pembaca resume biasanya hanya menghabiskan waktu beberapa detik untuk membaca sebuah resume. Ringkas dan padat adalah kata kunci untuk resume. 

3. Gunakan ‘headline’ yang umum  

Resume terdiri dari beberapa bagian, dimana setiap bagian harus dapat memberikan informasi mengenai keahlian dan bakat seorang kandidat. Beberapa judul umum yang biasa dipakai adalah sebagai berikut:

  • Objective:  Kalimat singkat yang menjelaskan jenis pekerjaan apa yang Anda inginkan.
  • Work Experience: Bagian ini kandidat dapat menjelaskan uraian pekerjaannya, dan memberikan informasi tentang bukti prestasi yang telah diraih.
  • Skills: Bagian ini dapat berisikan informasi seperti, keahlian dibidang komputer, bahasa, dan keanggotaan dari organisasi professional.
  • Education: Bagian ini menjelaskan dengan singkat informasi tentang jenjang pendidikan Anda; informasi nama institusi atau universitas, gelar dan tahun Anda menyelasikan pendidikan.  

4. Cantumkan informasi yang paling terkini pada bagian atas  

Jika bagian atas resume Anda tidak dapat menarik perhatian pembaca, mereka tidak akan pernah membaca resume Anda sampai kebawah. Sehingga, pada umumnya resume disusun berdasarkan informasi yang terkini lebih dahulu di letakkan di atas dan diikuti dengan informasi selanjutnya mengenai historical perjalanan karir atau pendidikan Anda.

Perlu diperhatikan bahwa hal-hal yang disebutkan diatas merupakan langkah awal untuk merubah CV menjadi resume, dan bukan untuk meng-upgrade resume menjadi lebih lebih professional.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: